oleh

Hindari 2 Jenis Pelanggaran Ini Jika tak Mau Ditilang

OPERASI Patuh Nala 2020 lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, dengan persentase masing-masing 40 persen. Sedangkan kegiatan yang bersifat represhif hanya 20 persen. Artinya, petugas pelaksana operasi lebih mengutamakan upaya pencegahan pelanggaran daripada kegiatan penindakan. Upaya penegakan hukum hanya diberlakukan bagi pengendara yang tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman bagi pengemudi mobil, serta berkendara melawan arus.

CURUP– Selama 14 hari kedepan, yakni sejak 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020, Polres Rejang Lebong akan melaksanakan razia kendaraan bermotor dengan sandi Operasi Patuh Nala 2020. Selain dalam rangka pengamanan hari raya Idul Adha tahun 2020, operasi yang digelar serentak se Indonesia ini juga dilakukan dalam rangka pendisiplinan masyarakat untuk lebih patuh terhadap protokol kesehatan menuju adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

“Tindakan preemtif dilakukan dalam bentuk imbauan dan sosialisasi, baik secara langsung kepada pengendara atau menggunakan spanduk dan stiker sebagai media. Sedangkan tindakan preventif dilakukan dengan menggiatkan patroli di tempat-tempat yang menjadi sasaran operasi untuk pengaturan serta menghentikan kendaraan yang pengendara dan penumpangnya tidak menggunakan masker,” terang Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono usai pelaksanaan gelar pasukan di ruang wira pratama, kemarin.

Dijelaskan kapolres, pada kegiatan ini pihaknya menerjunkan 34 personel yang didominasi Sat Lantas. Operasi ini juga melibatkan sejumlah stakeholder sebagai bentuk sinergitas, yaitu TNI, Polisi Militer, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, dan Jasa Raharja.

“Operasi kali ini juga bersifat tematik. Maksudnya, sebelum pelaksanaan razia, petugas terlebih dahulu akan mengumumkan lokasi dan sasaran razia. Sehingga masyarakat atau pengendara akan mengantisipasi terjadinya pelanggaran lalu lintas,” jelas kapolres. (aya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed