oleh

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020 Segera Rampung

PROSES Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong akan rampung dalam waktu dekat. Saat ini panitia penyelenggara bentukan KPU Rejang Lebong itu telah mendata lebih dari 88 persen pemilih.

CURUP– Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo melalui Divisi Perencanaan Data dan Informasi Lusiana menerangkan, pelaksanaan Coklit telah dilakukan sejak 15 Juli 2020, dan akan berakhir pada 13 Agustus 2020 mendatang. Proses pendataan dilakukan PPDP dengan langsung mendatangi rumah pemilih.

“Namun tidak semua proses dalam tahapan ini berjalan mulus, ada beberapa kendala yang dihadapi panitia saat akan mencoklit. Misal ada warga yang tidak mau membukakan pintu rumah saat panitia akan mencoklit. Ada pula masyarakat yang dengan sengaja menyatakan tidak mau didata, dengan berbagai alasan. Namun kendala-kendala itu dapat dihadapi oleh PPDP dengan melakukan pendekatan-pendekatan,” jelas Lusiana.

Lusiana menyebut, dalam proses coklit PPDP mencocokkan data pemilih warga yang ada di Blangko Model A-KWK dengan menanyakan KTP-el dan KK. Bila datanya cocok maka PPDP mencontengnya di Blangko A-KWK. Namun jika ada data yang kurang lengkap atau salah seperti salah nama, alamat dan lainnya, maka PPDP melakukan perbaikan data.

“Jika ditemukan adanya masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemolih, sedangkan dokumen kependudukannya membuktikan yang bersangkutan sudah berusia 17 tahun hingga hari pemungutan suara, maka harus didata dan dimasukkan dalam kelompok pemilih pemula menggunakan blangko Model A-A.KWK,” tambahnya.

Menurut Lusiana, setelah pendataan selesai maka PPDP membuat serah terima satu lembar untuk pemilih dan satu lembarnya untuk PPDP. Ini menjadi alat bukti bagi pemilih yang sudah dilakukan pemutakhiran data yang kemudian dimasukkan ke dalam blangko Model A.A.1-KWK. Setelah proses ini selesai, pemilih menuliskan nama-nama pemilih di stiker lalu ditempel di rumah pemilih. Stiker ini dikenal oleh PPDP adalah blanko Model A.A.2-KWK. (aya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed