oleh

Penerbitan SIM Gratis Bagi Warga Kelahiran 1 Juli

DALAM Rangka menyambut harti jadi Bhayangkara ke 74 tahun 2020 ini, Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas SIM) Polres Rejang Lebong menggratiskan biaya pembuatan atau perpanjangan SIM bagi 20 orang warga Rejang Lebong yang lahir pada tanggal 1 Juli. Program ini diberlakukan selama 12 hari ke depan, yakni mulai tanggal 18 Juni 2020 hingga tanggal 1 Juli 2020.

CURUP – Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono, S.Ik, MH melalui Kasat Lantas Iptu Aan Setiawan menjelaskan, meski para pendaftar SIM dibebaskan dari pembiayaan berupa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), namun dalam proses pengurusannya tetap mengacu pada aturan dan ketentuan yang berlaku. Artinya, setiap pendaftar telah berusia 17 tahun pada 1 Juli 2020, menjalani KIR kesehatan, serta mengikuti tes tertulis dan ujian praktik berkendara.

“Jadi, seluruh pembiayaan yang dikeluarkan dalam proses pengurusan SIM ini sepenuhnya ditanggung oleh PT Jasa Raharja dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pendaftar hanya perlu mengantongi surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan dokter resmi yang ditunjuk oleh institusi kepolisian,” papar Aan.

Ditambahkannya, proses pengurusan SIM juga tetap mengikuti mekanisme sesuai protokol kesehatan. Dimana para pendaftar SIM wajib menggunakan masker. Dan sebelum mengajukan formulir penerbitan SIM, pendaftar terlebih dahulu harus mencuci tangan di tempat yang telah disediakan, serta mengenakan sarung tangan pada saat masuk ke ruang penerbitan SIM.

“Ayo jangan sia-siakan kesempatan ini, silakan datang ke Satpas SIM Polres Rejang Lebong setiap hari kerja. Pembebasan biaya PNBP ini berlaku untuk pengurusan SIM segala jenis. Mulai dari SIM C, SIM A, SIM B, dan seterusnya,” pungkas Aan. (aya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed