oleh

Polres Rejang Lebong Menuju Pelayanan Prima

TAHUN 2019 ini, Polres Rejang Lebong dinobatkan sebagai salah satu lembaga Polri yang berkinerja baik se- Indonesia, khususnya di bidang pelayanan publik. Atas predikat itu, institusi ini mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Penghargaan diberikan langsung oleh MenPAN-RB, Tjahyo Kumolo dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro Tahun 2019 di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

CURUP– Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap upaya institusi kepolisian dalam menciptakan perubahan kinerja yang berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik. Diharapkan, dengan penghargaan ini jajaran institusi Polri akan terus meningkatkan pelayanan publik dalam rangka mewujudkan pelayanan prima.

Pelaksanaan evaluasi pelayanan publik yang dilakukan KemenPAN-RB ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Evaluasi ini bertujuan memunculkan unit penyelenggara pelayanan publik sebagai percontohan bagi instansi pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dikutif dari laman menpan.go.id, angka indeks hasil evaluasi lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro dalam tiga tahun terakhir ini mengalami peningkatan. Pada tahun 2017, indeks hasil evaluasi sebesar 3,41. Kemudian pada tahun 2018 indeks hasil evaluasi sebesar 3,31. Sedangkan di tahun 2019 ini, indeks hasil evaluasi mencapai 3,51.

“Artinya, institusi Polri sudah menunjukan peningkatan yang sangat baik karena terjadi perubahan kategori dari Baik dengan Catatan pada tahun 2018 menjadi kategori Baik pada tahun 2019,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Diah Natalisa.

Dijelaskannya, sasaran evaluasi pelayanan publik Polres adalah pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kedua jenis layanan ini ditetapkan sebagai lokus evaluasi, karena merupakan layanan khas Kepolisian RI yang paling dibutuhkan masyarakat.

Sementara Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika, S. Ik mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil evaluasi enam aspek penilaian. Yakni kebijakan pelayanan, profesionalitas SDM, inovasi, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP), serta konsultasi dan pengaduan.

“Dengan diraihnya penghargaan ini Polres Rejang Lebong dan jajaran berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi kami menuju pelayanan prima,” pungkas kapolres. (aya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed