oleh

RSUD Curup Siap Layani Uji Swab Covid-19. Gratis !

“ALHAMDULILLAH, hari ini Lab dan Smart Room RSUD Curup sudah siap beroperasi. Secara manajemen dan peralatan kita sudah siap, dan hari ini kita langsung melakukan uji coba sebanyak 4 sampel swab,” ucap Bupati Rejang Lebong, DR. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si saat Launching Laboratorium dan Smart Room di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Rejang Lebong, Rabu (1/7).

CURUP– Menurut bupati yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong ini, dengan tersedianya lab dan smart room maka RSUD Curup dapat melakukan pengujian swab sendiri. Sehingga akan memperpendek waktu menunggu hasil.

“Jika kita lakukan uji swab covid hari ini, maka besok hasil tes nya sudah bisa kita terima, tidak perlu menunggu berhari-hari seperti selama ini,” kata bupati.

Ditambahkan, selama masa pandemi Covid-19 berlangsung, pelayanan uji swab covid di RSUD Curup tidak dikenakan biaya. Artinya, seluruh bentuk pembiayaan yang dikeluarkan untuk uji swab, seperti intensif untuk tenaga kesehatan, sudah disiapkan pemerintah.

“Selama belum ada arahan atau petunjuk lebih lanjut dari Gugas Pusat, pelayanan untuk masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Bengkulu, kita gratiskan. Jika nanti ada perubahan, baru kita ubah kebijakan ini,” jelasnya.

Sementara Direktur RSUD Curup, dr. Samiri menerangkan, seluruh ruang penanganan virus ini terintegrasi. MUlai dari laboratorium, ruang rawat bertekanan negatif, ruang operasi, ruang pemulasaran, dan ruang screening. Khusus ruangan lab, ruang isolasi atau perawatan, telah dilapisi karpet anti bakteri.

“RSUD Curup memiliki tim covid, mulai dari petugas swab, dokter, serta perawat-perawatnya. Mereka lah nantinya yang akan menangani pasien. Dalam sehari, kita dapat menganalisa contoh swab sebanyak 50 sampel,” terangnya. (aya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed